Friday, 29 November 2013

ARTI SEORANG GURU

Guru (dari Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu.  Sedang dalam bahasa jawa, Gu diambil daripada perkataan “gugu” yang mempunyai boleh dipercayai. Sedangkan Ru diambil dari perkataan “tiru” yang bermaksud boleh diteladani atau dicontohi.
Jabatan seorang Guru adalah sebagai suatu Profesi.  Jabatan guru juga dapat dikatakan sebuah profesi karena menjadi seorang guru  harus memiliki suatu keahlian tertentu , Misalnya: mengajar, mengelola kelas, dan merancang pengajaran.
Guru itu ibarat pemimpin, seorang guru mempunyai andil yang besar untuk melahirkan pemimpin-pemimpin baru dengan latar belakang profesi yang berbeda di masa depan. Arti guru merupakan aktor utama yang memastikan jiwa kepemimpinan yang tersimpan dalam diri setiap muridnya.
Yang patut dicermati adalah guru memang takkan pernah bisa jadi pemimpin bila dia miskin integritas. Jika miskin integritas maka guru tidak mempunyai karisma dan inspirasi di depan murid-murid. Apabila guru sudah tak inspiratif bagi siswanya maka konsepsi guru sebagai sosok pemimpin hanya akan menjadi sekedar wacana.
Guru adalah sosok yang memberikan motivasi, mengarahkan, memotivasi, memperjuangkan, menenangkan. Yang akan  membawa kemana paradigma bangsa ini disandarkan, yang akan membawa manusia-manusia mengenal masa depannya.
Guru tak ubahnya lentera dalam kegelapan akal.
Dengan ilmu akan  menjelaskan adab, dengan ilmu ia akan mengenalkan jiwa-jiwa pada penciptaNya, dengan ilmu dia akan bersahabat dengan alam. Dengan ilmu ia akan menunjukan dua jalan baik dan buruk.
Guru adalah sosok intelektual bermoral, sosok intelektual yang berjiwa pengabdian, intelektualnya pendidikan dan intelektual masyarakat sesungguhnya.
Guru adalah penentu anak bangsa, pemegang tombak sejarah kemenangan, dan pemegang tinta emas peradaban ilmu.

Semarang, 26 November 2013

PUSKOMDA Semarang Raya